Segala Info : MEMBUAT BOOTABLE DARI FLASHDISK DENGAN APLIKASI RUFUS

MEMBUAT BOOTABLE DARI FLASHDISK DENGAN APLIKASI RUFUS

Bahan dan alat yang harus disiapkan:
-       Flahdisk
-       Aplkasi Rufus
-       Sistem Operasi yang berbentuk ISO

Sebelum melakukan membuat bootable melalui flashdisk, backup dulu data flashdisknya karena flashdisk akan terformat otomatis saat membuat bootable. Double  klik Rufus untuk mulai menjalankannya. Tamplilan di bawah menunjukan flashdisk belum terbaca.


Apabila flash disk sudah dicolokan ke komputer, secara otomatis Rufus akan mendeteksidrive, sistem file, ukuran cluster dan volume label flash disk tersebut.


 Untuk menjadikan flash disk sebagai bootable sistem operasi, pada bagian opsi Create a bootable disk using, gunakan pilihan ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsi Quick formaat tetap aktif, agar proses format partisi menjadi lebih cepat.


Untuk mengambil file ISO klik gambar CD/DVD.


 Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus.


 Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus.


Setelah itu, pertama sekali Rufus akan melakukan format terhadap USB flash drive yang ditentukan. Setelah selesai, baru melakukan penyalinan file-file yang ada dalam file ISO.


Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, klik tombol Close untuk menutup Rufus.


Untuk menggunakan USB flash drive sebagai media instalasi, lakukan pengaturan pada BIOSagar device yang pertama dibaca saat booting (Boot devices priority) adalah USB flash drive.
PENGATURAN BIOS AGAR BISA BOOTABLE MELALUI FLASHDISK
Nyalakan / Restart komputer tekan Delete atau F2 tergantung jenis BIOS, untuk masuk Bios
Klik advanced Bios Features


Terus kita rubah booting flashdisk jadi pertama dan harddisk di kedua
Kalau sudah OK, tekan F10 untuk menyimpan pengaturan Bios.


Comments

  1. Trims ya infonya, bermanfaat sekali.
    Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya di Trik Mengembalikan Data atau File Flashdisk yang Terhapus atau Cek https://www.agres.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Segala Info : CARA MENGERJAKAN SOAL DI EDMODO